Tembok Musholla di Tangerang Dicoret “Anti Khilafah”, Alquran Disobek-sobek dan Sajadah Digunting

 

  • Pengrusakan terhadap barang secara bersama-sama dan Penodaan agama

  • keadaan di dalam mushola sudah berantakan dan banyak tulisan yang berisi, antara lain “SAYA KAFIR”, “ANTI ISLAM”, “ANTI KHILAFAH”, dan di coret-coret dengan pilok warna hitam, sajadah dipotong dua serta menggunting kabel alat pengeras suara.
  • Pelaku Sobek-sobek Alquran dan Coret-coret Mushalla di Tangerang Ditangkap!

     

Inilah beritanya.

***

 

Viral! Tembok Musholla di Tangerang Dicoret “Anti Khilafah”, Alquran Disobek dan Sajadah Digunting


 

 

Beredar kabar adanya pencoretan yang dilakukan oleh orang tak dikenal di Mushola Darussalam Perumahan Elok, Gelam, Pasar Kemis, Tangerang. Pada Siang ini, Selasa 29/09/2020.

 

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi membenarkan akan adanya kejadian tersebut, dan pihak kepolisian masih mendalami atas kejadian tersebut.

 

“Iya benar, ada kejadian pencoretan dan Kapolresta Tangerang masih di lokasi untuk mendalami kasus tersebut.” ucap Kombes Pol Edy.

 

Atas kejadian tersebut Polisi akan terus melakukan pemeriksaan dan belum diketahui motif dari pencoretan tersebut.

 

“Nanti ya, akan kami kabari, biar kita lakukan pemeriksaan terlebih dahulu.” tandasnya.

 

Astaghfirullahal’adzim…Mohon aparat mengusut tuntas hal ini. Jangan sampai menimbulkan kemarahan & keresahan ummat Islam. pic.twitter.com/mJRug3jYl5

— Hilmi Firdausi (@Hilmi28) September 29, 2020

Berikut broadcast laporan kejadian:

 

Selamat Sore Komandan ijin melaporkan pada tanggal 29 September 2020 sekitar pukul 15.30 Wib telah terjadi pencoretan tembok, penyobekan Kitab Suci Alqur’an, pengguntingan sajadah di Musolla Darussalam Rt 5/8 Perum Villa Tangerang Elok Kelurahan Kutajaya Kec Pasar Kemis Kab Tangerang.

 

A. Barang bukti

 

1. Alquran yang di coret coret

2. Potongan alquran yg di sobek sobek

3. Potongan2 sajadah yang di gunting

4. Botol pilok bekas nyemprot tembok.

 

B. Saksi saksi :

 

1. Nama                  : Rifki hermawan

Tempat tahl Lahir : tangerang 29-10-2004

Pekerjaan               : Pelajar

Alamat                     : Rt. 05/08 Villa Tangerang Elok Kel. Kutajaya

 

2. Nama                   : Samsu firman

Temapat tgl lahir   : Jkrt 17-7-1971

Pekerjaan                : Karyawan swasta

Alamat                      : Blok e2 No 29 rt 5/8 Villa Tangerang Elok Kel. Kutajaya

 

3. Nama                    : Suhadi

Tempat tgl Lahir     : Sleman jogja 16 april 1972

Pekerjaan                 : Katyawan Swasta

Alamat                       : Blok E2 No 7 rt 05/8 Villa Tangerang Elok Kel  Kutajaya

 

4.  Nama                    : Saipudin anggo

Tempat Tgl Lahir     : Kendari 20 121966

Pekerjaan                  : Karyawan swasta

Alamat                       : Blok B8 rt 5/8 Villa Tangerang Elok Kel Kutajaya

 

C. Kronologis Singkat:

 

Sekira Pukul 15.30 Wib  Saksi 1 a.n. Rifki Hermawan memasuki musolla Darussalam untuk melaksanakan Azan ashar, melihat kondisi musolla sudah di coret2 temboknya dan Sajadah di gunting, Alquran di coret, saksi  1 lansung melapor ke saksi 2 dan 3 a.n. Samsu Firman dan Suhadi dan saksi 2,3 dan 4 menuju masjid dan menyegel pintu2 masuk musolla. Dengan tujuan mengamankan barang bukti.  Pukul 16.30 kapolsek Tiba dilokasi melakukan olah TKP dan mengamankan Barang Bukti. Dan selanjutnya memerintahkan warga untuk membersihkan  coretan pilok di tembok, lantan dan kaligrafi Dan untuk selanjutnya proses di tangani Polsek Pasar Kemis

 

Pukul 18.20 olah TKP dari Polsek selesai

Demikian dilaporkan

 


 

LAPORAN AWAL KEJADIAN

 

Pada 29 September 2020, pukul 14.45 WIB, diperoleh informasi dari Polsek Pasar Kemis Polres Kota Tangerang terjadinya dugaan Pengrusakan terhadap barang secara bersama-sama dan Penodaan agama,

bertempat di Musholla Darrusalam, Perumahan Villa Tangerang Elok Jl.Rasamala Raya Rt.005/008 Kel.Kutajaya Kec.Pasar Kemis Kab.Tangerang, telah diperoleh informasi , dilaporkan sebagai berikut:

 

SAKSI-SAKSI :

 

1). RIFKI HERMAWAN, Tangerang 29 Oktober 2004, Laki-laki, Islam, Pelajar, Alamat : Perumahan Villa Tangerang Elok Jl.Rasamala Raya Blok Rt.005/008 Kel.Kutajaya Kec.Pasar Kemis Kab.Tangerang;

 

2). SAMSU JAMAN, Jakarta 17 Juli 1971, Laki-laki, Islam, Karyawan Swasta, Alamat : Perumahan Villa Tangerang Elok Jl.Rasamala Raya Blok E2 No.29 Rt.005/008 Kel.Kutajaya Kec.Pasar Kemis Kab.Tangerang;

 

3). SUHADI, Yogyakarta, 16 April 1972, Laki-laki. islam, Karyawan Swasta, Alamat : Perumahan Villa Tangerang Elok Jl.Rasamala Raya Blok E2 No.07 Rt.005/008 Kel.Kutajaya Kec.Pasar Kemis Kab.Tangerang;

 

4). SAEPUDIN ANGGO, Kendari, 20 Desember 1966, Laki-laki, Islam, Karyawan Swasta, Alamat : Perumahan Villa Tangerang Elok Jl.Rasamala Raya Blok B 8 No.47A Rt.005/008 Kel.Kutajaya Kec.Pasar Kemis Kab.Tangerang;

 

5). WATSOIN, Umur 40 Tahun, Laki-laki, Islam. karyawan Swasta ( Ketua RT ), Alamat : Perumahan Villa Tangerang Elok Jl.Rasamala Raya Blok B 8 Rt.005/008 Kel.Kutajaya Kec.Pasar Kemis Kab.Tangerang;

 

6). SARMO ASHARI. Magetan 20 April 1968, Laki-laki, Islam, Karyawan Swasta ( Ketua RW ), Alamat : Perumahan Villa Tangerang Elok Jl.Rasamala Raya Blok B6 No.23 Rt.002/008 Kel.Kutajaya Kec.Pasar Kemis Kab.Tangerang.

 

KRONOLOGIS :

 

Pada 29 September 2020, pukul 14.45 Wib, Ketika Saksi SAMSU JAMAN sampai di Musholla Darrusalam hendak melaksanakan adzan dan shalat Ashar, melihat keadaan di dalam mushola sudah berantakan dan banyak tulisan yang berisi, antara lain “SAYA KAFIR”, “ANTI ISLAM”, “ANTI KHILAFAH”, dan di coret-coret dengan pilok warna hitam, sajadah dipotong dua serta menggunting kabel alat pengeras suara.

 

Kemudian saksi keluar mushola dan memberitahukan kepada saksi SAMSU JAMAN dan langsung pergi ke dalam mushola untuk mengecek Musholla tersebut lalu memberitahukan kepada para saksi lainnya, selanjutnya para saksi melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Pasar Kemis, Kapolsek Pasar Kemis AKP FIKRY ARDIANSYAH SH, SIK dan Kanit Reskrim IPTU UCU NURYANDI, SH beserta piket Reskrim langsung mendatangi TKP.

 

Catatan :

 

Saat ini pihak Polsek Pasar Kemis sedang melakukan pengembangan terhadap pelaku, perkembangan dilaporkan kembali.

 

 

https://twitter.com/i/status/1310939757426487300

@geloranews

29 September 2020

***

 

Pelaku Sobek-sobek Alquran dan Coret Mushalla di Tangerang Ditangkap!


Satu orang inisial S diamankan terkait aksi vandalisme mushalla di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten. Pelaku diamankan di rumahnya dan saat ini dibawa ke Mapolresta Tangerang.

 

“Berdasarkan hasil olah TKP, pemeriksaan saksi dan alat bukti yang ada, alhamdulillah hanya beberapa jam setelah kita selidiki kita amankan 1 pelaku dengan inisial S di rumahnya,” kata Kapolresta Tangerang Kombes Ade Ary Syam Indradi, Selasa (29/9/2020).

 

Penangkapan dilakukan pada pukul 19.30 WIB. Dari hasil interogasi, pelaku mengakui perbuatan telah mencoret-coret mushalla sekitar pukul 16.00 WIB.

 

“Saat ini pelaku sudah dibawa ke Polresta Tangerang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujarnya.

 

Setelah melakukan olah TKP, mushalla yang dicoret-coret pelaku sudah langsung dibersihkan oleh petugas. Warga katanya juga sudah kembali melakukan salat berjamaah di lokasi.

 

Sebelumnya, video aksi vandalisme dan Al Quran dirobek di salah satu mushalla di Kabupaten Tangerang, Banten viral di media sosial. Terlihat mushalla dicoret menggunakan cat pilok di bagian tembok, lantai serta ada Al Quran yang terlihat sobek di lantai.

 

Video tersebut berdurasi kurang lebih satu menit. Ada seseorang yang bicara di video itu yang mengatakan bahwa mushalla ini semua dicoret-coret. Pihak yang mengetahui awal adalah seorang bernama Wawan.

 

“Ya ini mushalla kita nggak tahu dari jam berapa, semuanya dicoret-coret. Awal masuk itu Wawan. Wawan masuk ke sini sudah dengan kondisi sudah dicoret-coret,” bunyi video yang dikutip detikcom.

 

Dari coretan, tampak ada tulisan ‘Tidak Ridho’ di bagian lantai dan tulisan ‘Saya Kafir’ di sebuah white board. Suara di video menyampaikan bahwa ia tidak tahu motif perbuatan seperti apa. Karena begitu masuk mushalla dan mau salat Asar, Wawan tidak ingin azan.

 

“Ini alasannya motifnya apa saya tidak tahu. Begitu saya mau (salat) asar dan Wawan pun nggak mau azan karena kondisi seperti ini,” lanjutnya dalam narasi video.

 

Video juga memperlihatkan lafaz Allah di lantai yang disilang, ada kata ‘Anti Khilafah’ dan ‘Anti Islam’ di bagian tembok.

 

“Ini Al Quran disobek-sobek, dipilok, disilang, semuanya disobek-sobek. Ini dimulai dari jam berapa. Waktu jam 12 belum ada seperti ini,” katanya.[]

@geloranews

30 September 2020

(nahimunkar.org)

(Dibaca 506 kali, 1 untuk hari ini)