sumber: http://goo.gl/wlrcTB


Apakah Zoya Hijab Halal? Sebuah Brand Hijab asal bandung bernama ZOYA mengumumkan bahwa produk kerudungnya telah mengantongi sertifikat halal dari  MUI ( Majelis Ulama Indonesia).

Terminologi  Zoya hijab halal ini kemudian mendapat perhatian pro dan kontra dari netizen.

Dilansir dari laman wolipop, Ketika dikonfirmasi, Direktur LPPOM (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika) MUI Dr. Ir. Lukmanul Hakim, M.Si, mengatakan bahwa klaim kerudung halal merupakan sebuah kesalapahaman. Yang sebenarnya mendapat sertifikasi halal dari pihaknya adalah bahan dari kerudung tersebut. Perusahaan pembuat bahan kerudung itulah yang mengajukan pada pihak LPPOM MUI untuk mendapat sertifikasi halal.

Zoyanya sendiri belum memiliki sertifikat halal. Jadi dia tidak boleh mengklaim halal

Lalu apakah ini dapat dikategorikan sebagai pembohongan publik? Ketika sebuah brand mengklaim produknya bahwa sudah memiliki sertifikat halal tapi sebenarnya produknya tidak atau belum memiliki sertifikat tersebut.

Kemudian ada pemikiran lain, katakanlah misalnya batch produk 2016 Zoya menggunakan kain yang tersertifikasi halal untuk produk seri tertentu, apakah artinya ratusan ribu  produknya yang terjual di tahun-tahun sebelumnya dapat dikatakan menggunakan kain yang tidak memiliki sertifikasi halal? mengingat produk hijab Zoya diduga menggunakan kain import dari negara China.

Sumber: bandung.co

(nahimunkar.com)

(Dibaca 1.088 kali, 1 untuk hari ini)