Di antara peninggalannya, inilah:

Korban pertama yang bakal muncul akibat penerapan syariat Islam itu adalah kaum perempuan. Karena, menurut Dr. Moeslim Abdurrahman, banyak sekali regulasi dalam Islam yang membatasi ruang gerak kaum perempuan. Simak wawancara Ulil Abshar-Abdalla dari Jaringan Islam Liberal dengan pengamat keagamaan yang juga seorang aktivis LSM itu. (http://islamlib.com 16/09/2001 | Wawancara).

Perlu diingat, ada hadits shahih Muslim yang cukup jelas:

َقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً حَسَنَةً فَلَهُ أَجْرُهَا وَأَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا بَعْدَهُ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْءٌ وَمَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً سَيِّئَةً كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهَا وَوِزْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ بَعْدِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَيْءٌ

صحيح الإمام مسلم عَنْ جَرِيرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pun bersabda: “Barangsiapa yang memulai mengerjakan perbuatan baik dalam Islam, maka dia akan memperoleh pahalanya dan pahala orang yang mencontoh perbuatan itu, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan barangsiapa yang memulai kebiasaan buruk, maka dia akan mendapatkan dosanya, dan dosa orang yang mengikutinya dengan tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.” (HR Muslim dari Jarir bin Abdillah).

Tentang berita matinya tokoh liberal, ini dia:

***

Tokoh liberal berkurang satu Moeslim Abdurahman meninggal dunia

JAKARTA – Tokoh pemikir liberal Moeslim Abdurrahman (64) wafat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Jumat malam, sekitar pukul 20.00 WIB karena serangan jantung.

“Dia terkena serangan jantung dan sejak dua hari lalu dirawat di RSCM,” kata budayawan Garin Nugroho seperti dirilis Antaranews, Jum’at malam (6/7).

Mantan Direktur Eksekutif Wahid Institute Ahmad Suaedy juga membenarkan kepergian cendekiawan muslim ini.

“Selama dirawat sempat sms-an dengan saya. Katanya nggak apa-apa,” kata Ahmad Suaedy.

Menurut dia, Moeslim Abdurrahman sebelum masuk rumah sakit masih sempat mengisi salah satu seminar.Saat ini jenazah sedang dalam perjalanan menuju rumah duka di kawasan Pondok Gede, Bekasi.

Garin mengatakan, pemakaman jenazah masih menunggu hasil runding pihak keluarga.

Sebagaimana diketahui, Moeslim Abdurahman dikenal sebagai pemikir liberal yang sering menyampaikan gagasan-gagasan nyeleneh seperti menilai Ibadah haji sebagai dongeng yang di wariskan oleh Nabi Ibrahim Alaihis Salam. Dia juga dikenal sebagai penentang keras diterapkannya syari’ah Islam dengan alasan kalau syari’at Islam diterapkan maka yang jadi korban pertama adalah perempuan. (bilal/arrahmah.com) Sabtu, 7 Juli 2012 18:28:20

***

وَمَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً سَيِّئَةً كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهَا وَوِزْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ بَعْدِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَيْءٌ

صحيح الإمام مسلم عَنْ جَرِيرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pun bersabda: ” Dan barangsiapa yang memulai kebiasaan buruk, maka dia akan mendapatkan dosanya, dan dosa orang yang mengikutinya dengan tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.” (HR Muslim dari Jarir bin Abdillah).

(nahimunkar.com)

(Dibaca 2.501 kali, 1 untuk hari ini)