BataraNews.com – Rencana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk melegalkan perdagangan daging anjing melalui Peraturan Gubernur (Pergub) menuai penolakan dan reaksi keras netizen.

pasar-yulin-cina000013Ahok dituding ingin membangun pasar khusus penjualan daging anjing seperti yang ada di pasar Yulin, Guangxi, China. Pasar Yulin menjual daging kucing dan anjing yang telah dikuliti dan dibakar.

Tudingan tersebut dilontarkan oleh pemilik nama akun @Oom_Nanang. “Mgkn Ahok Zhong Wanxue ingin Jakarta ada pasar daging anjing sprt di Yulin China ini. cc @SangPemburu99 #LawanAhok,” kicaunya.

Seperti diketahui, di pasar Yulin sendiri, penjualan daging kucing dan anjing telah dilarang oleh pemerintah setempat, tetapi penjualan masih ramai di pasar. Terlebih saat menjelang Festival Yulin, sebuah tradisi tiap tahun warga memakan daging anjing dan kucing.

Penolakan juga disuarakan Aktivis Sosial, Fahira Fahmi Idris. Ia menilai bahwa anjing bukanlah hewan untuk dikonsumsi atau dimakan. Dia pun menganggap perdagangan daging anjing bukan hal yang wajar.

“Makanya, hemat saya Perdagangan daging anjing untuk konsumsi dinilai bukan hal yang wajar. #TolakPergubAnjing,” ungkapnya melalui akun twitter @fahiraidris.

Penolakan Uni Fahira (sapaan akrabnya) diperkuat Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (Office Internationale des Epizooties, OIE) dan Codex Alimentarius Commission (CAC).

“Ini diperkuat oleh Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (Office Internationale des Epizooties, OIE) dan Codex Alimentarius Commission (CAC) yang dengan tegas menyatakan anjing tidak termasuk hewan potong untuk dikonsumsi manusia. #TolakPergubAnjing,” tegasnya.

Anjing, tambahnya, merupakan hewan kesayangan atau pet animal. Oleh sebab itu, apabila daging anjing dikonsumsi oleh manusia, menurut OIE dan CAC dianggap melanggar prinsip kesejahteraan hewan atau animal welfare.

“Saya berharap pergub itu MELARANG daging anjing di perdagangan di #Jakarta ! Bukan u melindungi pemakan daging anjing! #TolakPergubAnjing,” tandasnya. (Biren)

Red : bataranews.com/Sep 30, 2015

(nahimunkar.com)

(Dibaca 2.334 kali, 1 untuk hari ini)