Jangan panik saat tulang ikan tersangkut di tenggorokan Anda. Ini cara mengatasinya.


Klikdokter.com, Jakarta Ikan bisa jadi merupakan salah satu makanan favorit bagi banyak orang. Selain karena enak jika diolah menjadi beragam hidangan, ikan juga bisa menjadi sumber protein yang sangat baik bagi tubuh, seperti asam lemak omega-3. Tapi berhati-hatilah dengan tulang ikan, karena bisa tersangkut di tenggorokan.

Kasus tulang ikan tersangkut di tenggorokan cukup sering terjadi. Masyarakat awam kerap menyebutnya dengan istilah ‘ketulangan’. Nah, agar tulang ikan tidak tersangkut lama di tenggorokan, Anda perlu tahu beberapa cara mengatasinya.

Berikut ini adalah beberapa kiat mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan:

1. Batuk

Hal paling pertama yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan adalah batuk dengan keras yang disengaja. Cara ini dapat membantu Anda untuk mengeluarkan tulang ikan yang tersangkut tersebut.

2. Minum air garam

Bila dengan batuk tulang belum berhasil keluar, cobalah untuk meminum air garam. Campurkan air hangat suam-suam kuku dengan sejumput garam. Bila tulang ikan berukuran kecil, biasanya dapat ikut tertelan bersama air garam ke dalam saluran pencernaan.

3. Menelan marshmallow

Menelan marshmallow juga bisa dicoba untuk membantu melepas tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Kunyah sedikit marshmallow agar lunak saat ditelan. Selanjutnya, minumlah air putih untuk memperlancar masuknya marshmallow bersama tulang ikan ke dalam saluran pencernaan.

Selain marshmallow Anda juga dapat menggunakan potongan roti dan selai kacang yang memiliki sifat lengket yang serupa seperti marshmallow. Sekepal nasi yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil juga dapat Anda jadikan alternatif pengganti. Pastikan ukurannya mudah untuk ditelan.

4. Minum minyak zaitun

Rebuslah segelas air yang dicampur dengan minyak zaitun. Kemudian, minumlah campuran minyak zaitun tersebut pada saat masih hangat. Diharapkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan Anda akan melunak dan lebih mudah masuk ke dalam saluran pencernaan.

5. Makan pisang

Makanlah sepotong pisang dan biarkan beberapa menit di dalam mulut hingga basah serta melunak tanpa mengunyahnya. Sesaat setelah itu, telanlah pisang tersebut secara perlahan ke dalam tenggorokan Anda.

6. Minum air cuka

Minumlah cuka yang dicampur dengan air. Cara ini diharapkan dapat melunakkan tulang yang tersangkut hingga bisa masuk terus ke saluran pencernaan Anda.

Sekalipun Anda sudah berhasil mengatasi tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan, jika terasa demam, nyeri saat menelan, keluar darah dari tenggorokan, sesak napas yang disertai batuk, rasa tersedak, muntah, nyeri di dada dan tenggorokan segeralah periksakan diri ke dokter,

[NP/ RVS]

Sumber : klikdokter.com

(nahimunkar.org)

(Dibaca 3.488 kali, 1 untuk hari ini)