Distribusi Soal UN (Foto: Aktual.co/Rafkha)

.

 

  • Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan sederajat akan dimulai pada tanggal 14 – 16 April 2014, dan UN susulan dari tanggal 22 – 24 April 2014. Sementara untuk tingkat SMP sederajat UN berlangsung selama empat hari, yakni dari tanggal 5 – 8  Mei 2014, dan UN susulan dari tanggal 12 – 16 Mei 2014./ tribun-timur.com Minggu, 12 Januari 2014 13:00 WITA

 

 

Saudaraku seislam yang saya muliakan, inilah di antara peringatan Rosululloh ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~ untuk mereka yang salah niyat dalam menuntut ilmu syar’ie. Semoga Alloh melindungi penulis dan pembacanya dari seluruh perkara yang mengundang murka dan siksa Alloh Ta’aala.

Peringatan Pertama,

 عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-  مَنْ تَعَلَّمَ عِلْمًا مِمَّا يُبْتَغَى بِهِ وَجْهُ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ لاَ يَتَعَلَّمُهُ إِلاَّ لِيُصِيبَ بِهِ عَرَضًا مِنَ الدُّنْيَا لَمْ يَجِدْ عَرْفَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ. يَعْنِى رِيحَهَا

Dari Abu Huroiroh ~rodhiyallohu ‘anhu~, ia berkata : Rosululloh ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~ bersabda : “Barangsiapa yang mempelajari suatu ilmu yang seharusnya ia tujukan mencari wajah Alloh ‘Azza wa Jalla, ia tidak mempelajarinya melainkan untuk mencari dengannya perhiasan dunia maka ia tidak akan mencium bau Surga di hari kiamat.”

 

[HR. Abu Dawud ~rohimahulloh~ dalam sunannya no. 3666, Ibnu Majah ~rohimahulloh~ dalam sunannya no. 260, Ahmad ~rohimahulloh~ dalam musnadnya no. 8438, dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani ~rohimahulloh~ dalam Shohih at-Targhiib wat Tarhiib no. 105]

Peringatan kedua,

عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ  مَنْ طَلَبَ الْعِلْمَ لِيُمَارِىَ بِهِ السُّفَهَاءَ أَوْ لِيُبَاهِىَ بِهِ الْعُلَمَاءَ أَوْ لِيَصْرِفَ وُجُوهَ النَّاسِ إِلَيْهِ فَهُوَ فِى النَّارِ

Dari Abdulloh bin Umar ~rodhiyallohu ‘anhuma~ dari Nabi ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~, beliau bersabda : “Barangsiapa yang menuntut ilmu untuk mendebat orang-orang bodoh, atau berbangga-bangga di hadapan para ulama, atau memalingkan manusia kepadanya maka dia di Neraka.”

[HR. Ibnu Majah ~rohimahulloh~ dalam sunannya no. 262, dan dinilai Shohih lighoirih oleh Syaikh Al-Albani ~rohimahulloh~ dalam Shohih at-Targhiib wat Tarhiib no. 109]/ http://elmunajat.blogspot.com/2014/01/balasan-bagi-yang-salah-niyat-dalam.html

 ***

Soal UN SMA/SMK Tiba di Yogya dengan Pengawalan Seadanya

Haadi Jatmika – Kamis, 10-04-2014 22:23

Yogyakarta, Aktual.co — Ribuan naskah soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK, tiba di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (10/4) pagi. Ribuan naskah soal UN itu diangkut menggunakan empat truks boks, dengan pengawalan seadanya dari aparat kepolisian.

Sekretaris Panitia UN DIY Bakhtiar Nur Hidayat menyatakan, soal UN itu terdiri dari enam mata pelajaran untuk tingkat SMA dan tiga mata pelajaran untuk tingkat SMK masing-masing beserta lembar jawab.

“Seluruh soal ini sebenarnya sudah rampung sebelum masa kampanye lalu. Namun baru didistribusikan ke tingkat propinsi sekarang karena menunggu proses pemilu selesai. Hal ini untuk mengurangi resiko kebocoran soal,” kata Nur Hidayat di Yogyakarta, Kamis.

Dari pantauan di lapangan, nampak hanya tiga orang berseragam polisi mengawal serahterima ribuan dokumen rahasia negara itu. Seluruh naskah soal tersebut kini berada di gudang penyimpanan GOR Amongrogo, hingga Sabtu (12/4) mendatang, untuk selanjutnya dikirim ke seluruh pokja yang ada di lima kabupaten/kota di DIY.

“Selama di sini akan ada enam personil kepolisian yang akan berjaga. Sedangkan untuk di tingkat pokja akan ada dua personil,” katanya.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY mengaku, akan segera memilah dan mengelompokkan seluruh naskah soal UN tingkat SMA/SMK/MA maupun soal paket C dan SMA LB terasebut sesuai pokja yang ada.

Di DIY, tercatat terdapat 30 pokja yang tersebar di lima kabupaten/kota DIY yang akan menjadi tempat penyimpanan bagi sejumlah sekolah. Terdiri dari 13 pokja tingkat SMA dan 17 pokja tingkat SMK.

Sementara untuk pengiriman ke tingkat pokja nanti akan dikerahkan sebanyak sembilan armada. Dengan masing-masing satu armada terdiri dari dua kendaraan. Satu kendaraan untuk pengawalan sementara satu kendaraan lainnya membawa naskah soal.

Zaenal Arifin –

***

Jadwal UN 2014

Pusat Ujian Nasional 2014: Jadwal Ujian Nasional (UN) SMP hingga SMA sudah keluar. Sementara UN SD kini berubah, lebih banyak proporsi soal dari sekolah hingga berubah nama menjadi Ujian Sekolah/Madrasah (USM).

“Perkembangan putusan terakhir, ujian sekolah untuk SD dan setingkatnya akan bernama US/M , ujian sekolah/madrasah,” kata Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Dadang Sudiarto saat menjawab pertanyaan mengenai nasib UN SD.

Hal itu disampaikan dia dalam jumpa pers Rakor Persiapan Implementasi Kurikulum 2013 di Tahun 2014 dan UN 2014 di Hotel Grand Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (1/12/2013).

Hadir pula dalam jumpa pers itu Sekjen Kemendikbud Ainun Naim dan Kepala Pusat Kurikulum dan Pembukuan Balitbang Kemdikbud, Ramon Mohandas.

Lantas apa bedanya US/M dan UN untuk SD?

“Kalau yang lalu, ada ujian sekolah dan nasional. Sekarang hanya ujian sekolah. Ada 3 mata pelajaran, dan kita akan beri standardisasi, 25 persen soal dari pemerintah, 75 persen dari satuan pendidikan di provinsi/kabupaten,” imbuh Dadang.

3 Mata pelajaran itu adalah Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Untuk SD luar biasa (SDLB)
IPA diganti IPS dan pendidikan kewarganegaraan.
“US/M ini tetap diadakan serentak,” kata Dadang.

Berikut jadwal pelaksanaan ujian akhir itu:

US/M SD: 19-21 Mei 2014
UN SMP: 5-8 Mei 2014
UN SMA: 14-16 April 2014

Sumber: detik.com

(nahimunkar.com)