Pemimpin kelompok ekstremis anti-Islam Norwegia berada dalam kejar-kejaran dan tabrakan mobil pada Sabtu (2/7/2022) waktu setempat, beberapa menit setelah membakar sebuah kitab suci Al-Qur’an di pinggiran ibu kota Oslo.

 

Polisi Norwegia mengatakan mereka menangkap dua orang, termasuk pengemudi mobil yang dituduh sengaja menabrak mobil SUV Lars Thorsen. Thorsen adalah pemimpin kelompok ekstrimis anti Islam dengan slogannya “Hentikan Islamisasi Norwegia” (SIAN).

 

Lima penumpang di dalam SUV itu mengalami luka ringan, dengan satu orang membutuhkan perawatan di rumah sakit, kata polisi Norwegia.

 

Sebuah video yang diposting di Youtube menunjukkan Thorsen dan aktivis lainnya awalnya berkendara ke Mortensrud, pinggiran kota Oslo yang memiliki komunitas Muslim besar.

 

Thorsen dan kawan-kawan kemudian membakar Al-Qur’an di tengah-tengah perempatan kecil. Dia menantang orang-orang lokal yang berani untuk memadamkan api tersebut.

 

Massa yang marah kemudian berkumpul, termasuk seorang perempuan yang mengamankan Al-Qur’an hangus itu sebelum naik ke Mercedes abu-abu.

 

Thorsen dkk kemudian naik ke mobil SUV-nya meninggalkan lokasi tersebut. Namun beberapa saat kemudian, mobil itu disalip oleh Mercedes yang pertama kali menabraknya. Dua kali mercedes itu menabrak SUV yang ditumpangi Thorsen, di mana yang terakhir membuat kendaraan tersebut terbalik.

 

Seluruh peristiwa tersebut difilmkan seseorang yang berada di mobil lain.

 

Sebagai informasi, aktivis anti-Islam di negara Skandinavia telah beberapa kali melakukan provokasi dengan membakar Al-Qur’an di lingkungan yang ditinggali komunitas Muslim dalam beberapa tahun terakhir.

 

[Video – Detik-detik Mobil Ekstremis Anti-Islam Ditabrak hingga Terguling]

 

 

https://youtu.be/xAotOEkJ8YI

[PORTAL-ISLAM.ID]

Senin, 04 Juli 2022 Berita Internasional

(nahimunkar.org)