10 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

Angka kolesterol dan asam urat yang tinggi sering menjadi keluhan terutama orang tua atau lanjut usia. Biasanya orang tua merasa sangat tidak nyaman karena kolesterol dan asam urat yang tinggi karena tubuh menjadi lebih lemah. Kolesterol juga bisa meningkatkan beberapa resiko penyakit seperti beberapa jenis penyakit jantung, stroke, diabetes dan tekanan darah tinggi. Sementara asam urat yang tinggi juga berhubungan dengan pembentukan kristal di dalam ginjal sehingga mengurangi fungsi ginjal. Jadi kolesterol dan asam urat yang tinggi selalu bisa menimbulkan dampak penyakit komplikasi. Ada berbagai penyebab kolesterol tinggi yang benar-benar bisa membuat kesehatan tubuh menurun.

Hal paling penting untuk mengatasi angka kolesterol dan asam urat yang tinggi adalah dengan mengendalikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol dan asam urat.

Makanan Mengandung Serat Tinggi

Semua jenis makanan yang mengandung serat tinggi bisa mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Serat akan membantu proses pencernaan dan penyerapan sari makanan dalam tubuh. Selain itu serat juga bisa berfungsi untuk menyerap kadar asam urat dalam darah dan kemudian zat berbahaya ini akan dibuang lewat saluran urin. Serat juga bisa membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh yang mengurangi dampak kolesterol berlebihan.

Contoh Makanan : brokoli, oats, seledri, wortel, kale, sawi, tomat dan kubis.

Sayuran

Beberapa jenis sayuran bisa membantu tubuh menurunkan asam urat karena bisa mengurangi kadar asam dalam tubuh. Berbagai jenis sayuran hijau juga bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah serta menurunkan berat badan. Efeknya adalah kadar kolesterol akan menurun karena sayuran mengandung kalori yang rendah dan kadar serat yang tinggi.

Contoh Sayuran : Seledri menjadi sayuran terbaik untuk menurunkan asam urat dan kolesterol.

Buah Ceri

Buah ceri yang bisa didapatkan dalam bentuk kalengan juga sangat baik untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Konsumsi buah ceri setiap hari bisa menurunkan asam urat yang tinggi, sesuai dengan hasil penelitian yang dikembangkan oleh Profesor Yiqing Zhang di Boston University. Buah ceri bisa dijadikan camilan rutin untuk setiap hari. Selain itu buah ceri juga membantu menghilangkan lemak dalam tubuh, menurunkan kolesterol dan mengurangi beberapa resiko penyakit stroke dan serangan jantung. Buah ceri tidak mengandung lemak dan memiliki jumlah kalori yang cukup rendah.

Apel

Apel menjadi buah yang sangat bermanfaat untuk menurunkan asam urat dan kolesterol. Hal ini disebabkan karena kandungan asam malat pada buah apel yang bisa menetralkan efek asam urat dalam tubuh. Zat ini juga bisa membantu pengeluaran asam urat dari tubuh  lewat saluran urin. Sementara kandungan pektin dalam buah apel bisa menghambat proses oksidasi kolesterol sehingga menurunkan jumlah kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Efek lain dari buah apel adalah bisa meningkatkan peran antioksidan dalam tubuh untuk memerangi radikal bebas dan mencegah pembentukan plak di saluran pembuluh darah. Konsumsi apel setelah makan sangat disarankan untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi.

Alpukat

Alpukat mengandung kadar gula yang sangat rendah dan juga bisa meningkatkan kadar basa yang bisa memerangi kadar asam dalam tubuh. Alpukat juga sangat sehat untuk tubuh karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kolesterol buruk dalam tubuh. alpukat akan menghancurkan kolesterol yangb buruk dan menggantinya dengan kadar kolesterol yang sehat. Alpukat juga akan membantu menurunkan berat badan sebab berat badan berlebih memiliki resiko tinggi terhadap asam urat yang tinggi juga. Untuk hasil terbaik maka disarankan makan alpukat dalam campuran salad sayur dan buah.

Pisang

Pisang sebenarnya buah yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Kandungan pisang seperti gula yang rendah, kadar alkali yang cukup tinggi dan sumber kalium bisa menurunkan kadar asam urat. Kalium bisa membantu menurunkan kadar asam urat karena akan membantu mencairkan asam dalam tubuh dan kemudian keluar dari tubuh lewat saluran urin. Namun perhatikan untuk tidak makan berlebihan karena bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Sementara kandungan kalori dalam buah pisang memiliki efek mengenyangkan dalam waktu lama yang bisa menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol.

Air dan Teh Hijau

Air dan teh hijau sangat penting untuk menurunkan asam urat dan kolesterol dalam tubuh. Air akan membantu tubuh dalam mengalirkan kadar asam urat yang tinggi melalui saluran urin. Sementara teh hijau akan membantu tubuh mengeluarkan semua limbah dan kotoran dalam tubuh yang bisa memicu kadar asam urat tinggi. Teh hijau juga bisa menurunkan kadar LDL karena mengandung kadar antioksidan yang sangat tinggi. Minum setidaknya dua cangkir teh hijau setiap hari akan membantu tubuh menjadi lebih sehat untuk penderita asam urat dan kolesterol tinggi.

Ikan Salmon

Ikan salmon menjadi salah satu ikan yang masih bisa dikonsumsi untuk orang yang memiliki kadar asam urat tinggi. Ikan salmon mengandung kadar purin yang rendah sehingga masih aman untuk dikonsumsi, hanya saja tetap harus dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas. Ikan salmon juga akan menurunkan kadar kolesterol tinggi karena kandungan asam lemak omega 3 yang penting untuk memerangi kadar kolesterol buruk di tubuh. Ikan salmon juga akan menurunkan resiko penyakit komplikasi yang biasanya sering terjadi pada penderita kolesterol tinggi seperti penyakit jantung dan stroke. Salmon juga akan meningkatkan perlindungan tubuh untuk mengatasi berbagai penyakit peradangan.

Susu Rendah Lemak

Semua jenis produk yang diolah dari susu rendah lemah dan susu rendah lemak juga bisa mengatasi kadar asam urat dan kolesterol yang tinggi. Susu rendah lemak menjadi sumber protein yang menjadi sumber tenaga untuk tubuh namun memiliki kadar purin yang rendah sehingga tidak akan meningkatkan asam urat. Bagi penderita asam urat dan kolesterol tinggi yang tidak mengkonsumsi daging dan makanan dari unggas, maka susu akan menjadi pilihan terbaik agar tubuh tetap sehat.

Jadi penderita asam urat dan kolesterol yang tinggi harus mengatur jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi secara rutin. Asam urat dan kolesterol bisa dikendalikan dari makanan untuk menghindari resiko penyakit yang buruk. Dan jangan pernah melupakan latihan ringan atau olahraga ringan untuk setiap hari setidaknya 10 menit setiap hari. [coldpress.co.id]

(nahimunkar.com)

(Dibaca 4.543 kali, 1 untuk hari ini)