قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عَلَيْهِ وَسلم إِنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌ خَضِرَةُ وَإِنَّ اللهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيْهَا لِيَنْظُرَ كَيْفَ تَعْمَلُوْنَ، فَاتَّقُوْا الدُّنْيَا وَاتَّقُوْا النِّسَاءَ، فَإِنَّ أَوَّلَ فِتْنَةِ بَنِيْ إِسْرَائِيْلَ كَانَتْ فِي النِّسَاءِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh dunia itu manis lagi hijau, dan sungguh Allah menjadikan kalian sebagai khalifah di dalamnya, maka Dia akan melihat bagaimana yang kalian amalkan (apa perbuatan kalian). Berhati-hatilah kalian dari dunia dan berhati-hatilah dari para wanita karena ujian pertama yang menimpa Bani Israil adalah pada kaum wanitanya.” (HR. Muslim)

 Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ كاَنَتِ الْأَخِرَةُ هَمَّهُ جَعَلَ اللهُ غِنَاهُ فِي قَلْبِهِ، وَجَمَعَ لَهُ شَمْلَهُ، وَأَتَتْهُ الدُّنْيَا وَهِيَ رَاغِمَةٌ؛ وَمَنْ كَانَتِ الدُّنْيَا هَمَّهُ، جَعَلَ اللهُ فَقْرَهُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ، وَفَرَّقَ عَلَيْهِ شَمْلَهُ، وَلَمْ يأْتِهِ مِنَ الدُّنْيَا إِلاَّ مَا قُدِّرَ لَهُ

“Siapa yang menjadikan akhirat sebagai maksud dan tujuannya, niscaya Allah  akan menjadikan kekayaannya dalam hatinya dan Allah akan mengumpulkan urusannya yang tercerai-berai, bersamaan dengan itu dunia datang kepadanya dalam keadaan hina dan rendah. Sebaliknya, siapa yang menjadikan dunia sebagai maksud dan tujuannya, niscaya Allah  akan menjadikan kefakirannya di hadapan kedua matanya, dan Allah  akan mencerai-beraikan urusannya yang semula terkumpul, sementara dunia tidak datang kepadanya selain sebatas apa yang telah ditetapkan untuknya.” (HR. at-Tirmidzi, dihasankan dalam ash-Shahihah no. 949)

 
Hasan Al-Jaizy

Khutbah Jum’at di Masjid Nurul Iman atau Masjid Hijau Cilangkap, Jakarta Timur, 30 Jumadil Akhir 137H/ 8 April 2016. Semoga bermanfaat dan menjadi nasehat buat kita bersama.

https://www.youtube.com/watch…

KHUTBAH JUM’AT – “Dunia Tidak Ada Apa-apanya” [Hasan al-Jaizy]

Khutbah Jum’at di Masjid Nurul Iman atau dikenal sebagai Masjid Hijau Cilangkap, bersama Hasan al-Jaizy.

(nahimunkar.com)

(Dibaca 1.415 kali, 1 untuk hari ini)