• . “Saya atas nama Dika Eka dengan sadar, saya tantang semua yang beragama muslim,” demikian dalam video yang dikutip pada Kamis, 5 Mei 2022.
  • Pemuda Sukabumi Penginjak Alquran Diringkus Polisi
  • Ketua MUI Minta Pemuda Sukabumi Injak Alquran Diproses Hukum

     


Foto/ytb

 

 Viral di media sosial video seorang pria mengaku bernama Dika Eka mengunggah aksi gaduh dengan menginjak kitab suci umat Islam Alquran. Saat aksinya itu, dia bahkan menyampaikan tantangan kepada seluruh umat muslim. 

Video berdurasi 14 detik itu tampak terlihat seorang remaja menggunakan baju dan celana berwana biru. Dia tampak menginjak benda mirip buku tebal. Lalu, benda itu diperlihatkan yang ternyata adalah Alquran.

Pria itu pun lantas menyampaikan pernyataan. “Saya atas nama Dika Eka dengan sadar, saya tantang semua yang beragama muslim,” demikian dalam video yang dikutip pada Kamis, 5 Mei 2022.

Aparat polisi langsung bergerak dengan mendatangi rumah pria yang diduga melakukan aksi tindakan tersebut di Wilayah Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. Polisi mengaku sudah berkoordinasi dengan orangtua pelaku. Kasus ini juga sudah ditangani Polres Sukabumi Kota.

“Terkait ada video viral di media sosial, saat ini kami sudah komunikasi dengan orang tuanya dan permasalahan ini sudah ditangani oleh Polres Sukabumi kota,” kata Kepala Satuan (Kasat) Intelejen dan Keamanan (Intelkam) Polres Sukabumi Kota, AKP Sonson Sudarsono.

Dia menjelaskan, pihaknya akan mendalami terlebih dahulu terkait video tersebut. “Yang bersangkutan dan videonya itu apakah betul dia yang membuatnya atau diedit atau seperti apa karena medsos ini bisa direkayasa,” tuturnya. 

Oleh :

•    Hardani Triyoga,

•    antv/tvOne

VIVA –Kamis, 5 Mei 2022 – 09:58 WIB

***

Ketua MUI Minta Pemuda Sukabumi Injak Alquran Diproses Hukum

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammad Cholil Nafis, meminta kepolisian memproses hukum pria asal Sukabumi yang menginjak Alquran. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)

Jakarta, CNN Indonesia — Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Muhammad Cholil Nafis meminta kepolisian memproses hukum pria asal Sukabumi yang menginjak Alquran.

Cholil meminta kepolisian mengecek kejiwaan sang pelaku terlebih dulu. Dia berkata pemuda tersebut harus segera diproses hukum jika terbukti waras.

 

“Kalau ternyata waras, segera diproses hukum sebelum dihakimi massa,” kata Cholil melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Kamis (5/5).

Cholil menilai, orang waras tak mungkin melakukan penghinaan terhadap agama lain. Oleh karena itu, dia menyebut polisi perlu memastikan kondisi kejiwaan pelaku.

Isu ini menjadi perhatian setelah beredar video di media sosial yang menayangkan aksi seorang pria menginjak Alquran. Pria itu juga menatang umat Islam.

Polres Sukabumi telah meringkus pria berinisial DE tersebut. Kepolisian sedang memeriksa DE terkait aksi yang diduga menodai agama itu.

“Ya, saat ini sudah diamankan di Polres dan sedang didalami,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Ibrahim Tompo.

Tompo berkata, aksi dalam video tersebut berlangsung pada 2020. Video itu diunggah istri karena kesal terhadap tingkah DE.

 

(dhf/has)

CNN Indonesia

Kamis, 05 May 2022 16:25 WIB

***

Pemuda Sukabumi Penginjak Alquran Diringkus Polisi

Jakarta, CNN Indonesia — Polisi menangkap seorang pemuda di Sukabumi berinisial DE terkait video viral yang menampilkan dirinya menginjak Alquran dan menantang umat Islam.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Ibrahim Tompo mengatakan saat ini DE tengah menjalani pemeriksaan intensif.

 

“Iya saat ini sudah diamankan di Polres dan sedang didalami,” kata Tompo saat dihubungi, Kamis (5/5).

 

Tompo menjelaskan berdasarkan pemeriksaan awal, aksi menginjak Alquran itu merupakan perbuatan pribadi DE. Tompo menyebut aksi itu dilakukan oleh DE pada tahun 2020 silam dan videonya tersimpan dalam handphone miliknya.

 

Video itu kemudian diunggah ke media sosial oleh istri DE karena terjadi pertengkaran antara keduanya. Video itupun menjadi viral di media sosial.

 

“Di-upload oleh istrinya pada April 2022 karena bertengkar,” ucap Tompo.

 

Sebelumnya, di media sosial beredar video berdurasi 14 detik. Dalam video itu, seorang pria mengenakan kaus dan celana biru menarasikan dirinya menantang seluruh umat Islam dan dilanjutkan dengan menginjak Alquran.

 

“Saya tantang semua yang beragama muslim,” ucap pria tersebut.

 

(dis/ugo)

CNN Indonesia

Kamis, 05 May 2022 15:28 WIB

(nahimunkar.org)