WASATHIYAH DALAM AL QURAN

 

Judul

:

Wasathiyah Dalam Al Quran

Penulis

:

Prof.Dr. Ali Muhammad Shallabi

No ISBN

:

9789795928591

Kategori

:

 

Cover

:

Hard Cover

Isi

:

638 Halaman

Ukuran

:

UB 01 (25×16.5)

Berat

:

800 gr

Harga

:

Rp 160.000,00

 

WASATHIYAH DALAM AL QURAN

 


Islam adalah agama yang penuh rahmat. Ajaran-ajaran Islam sejatinya penuh dengan kedamaian, kasih sayang, keadilan, dan kesimbangan. Di antara Islam yang membawa rahmat adalah nilai-nilai wasathiyah (moderat) dan perilaku umatnya yang disebut sebagai ummatan wasathan (umat yang moderat).

Pengertian wasathiyah dalam buku ini bukan sebagaimana pemahaman orang-orang Barat dan orientalis, karena moderat dalam cara pandang propganda Barat, sejatinya adalah liberal. Namun, wasathiyah yang dimaksud oleh Al quran, sebagai mana dijelaskan dalam buku ini, umat yang tidak terjebak dalam sikap ekstrem (ghuluw) dan tidak liberal, umat yang objectif dalam menyikapi persoalan (hikmah), umat yang senantiasa menebarkan kebaikan dan melakukan perbaikan, dan umat yang istiqamah. 

Buku ini sangat penting dihadirkan ke tengah-tengah masyarakat, untuk meluruskan cara pandang dan sikap dalam beragama, yang sering terjebak pada dua kutub yang bertentangan dengan ajaran Islam , yaitu ekstremisme dan liberalisme. Islam adalah agama yang berada ditengah-tengah keduanya ; tidak ekstrem (ghuluw) dan juga tidak liberal, tidak melampaui batas atau berlebih-lebihan (ifrath) dan juga tidak menggampang-gampangkan (tafrith), tidak memaksakan di luar batas kemampuan, tetapi tidak mengabaikan perintah-perintah dan larangan – larangan. Islam adalah aturan hidup yang tidak menginginkan umatnya menjalankan nilai-nilai agama dalam kesempitan dan kesusahpayahan. Islam itu aturan hidup yang banyak memberikan kemudahan-kemudahan dalam batasan-batasan yang sudah ditentukan.

Buku ini mengulas tiga hal penting dalam Islam, yang menjadi landasan hidup seorang muslim, yaitu akidah, syariat dan akhlak. Ketiga hal pokok itu dibahas dalam timbangan wasathiyah Islam, sehingga bisa meluruskan pandangan-pandangan dan sikap yang keliru terkait ketiga hal pokok itu. Dengan bahasa yang mudah dipahami, penulis buku ini berusaha menjelaskan pandangan – pandangannya berdasarkan Al-Quran dan Sunnah 

http://www.kautsar.co.id/mobile/read/book/736/wasathiyah-dalam-al-quran/

 

(nahimunkar.org)

(Dibaca 116 kali, 1 untuk hari ini)